Pengertian Kain Tapis Dan Macam-macam Kain Tapis

  Lampung merupakan provinsi yang begitu banyak memiliki beragam budaya yang masih asli, salah satunya yaitu tempat yang menghasilkan kain tapis. Kain tapis sendiri adalah pakaian yang digunakan untuk kaum wanita Lampung yang berbentuk kain seperti sarung, dengan cara ditenun dan menggunakan benang kapas dengan motif atau hiasan sugi, pembuatan kain tapis ini juga bisa menggunakan bahan benang seperti emas dan perak, cara membuatnya juga dengan cara disulam.
  Dulu kain tapis ini digunakan oleh beberapa masyarakat Lampung sebagai bahan dasar berpakaian, tetapi sekarang tapis ini di gunakan masyarakat hanya untuk penambah penghasilan atau meningkatkan ekonomi mereka, dengan demikian perkembangan jaman terus berlaku hingga produksi kain tapis ini sangat menurun dikarenakan masyarakat jaman sekarang ini tidak dapat mengetahui bagaimana cara membuat kain tapis dan memilih motif yang tepat.
  Kain tapis Lampung ini merupakan kerajinan yang masih terlihat tradisional, karena cara pembuatannya yang masih dilakukan secara sederhana pembuatan tapis ini dengan kain dasar dan menggunakan motif yang sederhana, kain tapis ini pun dikerjakan oleh pengrajin. Pembuat kain tapis ini yaitu seorang wanita gadis/muli atau ibu-ibu rumah tangga, para wanita membuat kain tapis pada waktu-waktu senggang mereka dengan tujuan untuk memenuhi tuntutan sakral yang sudah diturunkan dengan adat istiadat. Namun sekarang kain tapis ini dibuat untuk penambah penghasilan, menambah nilai ekonomi dan kreatifitas. Cara membuata kain tapis ini tidak mudah, karena butuh waktu berbulan-bulan untuk membuat satu kain tapis, bahan untuk membuat kain tapis pun sulit untuk dicari. Jadi harga kain tapis ini terbilang cukup mahal yaitu berkisar hingga 600 ribu sampai 3 juta rupiah ini hanya untuk harga pasaran wilayah (Indonesia), sedangkan untuk wilayah luar negeri harga pasarannya bisa mencapai 2 sampai 8 juta rupiah. Tetapi tidak heran jika harganya mahal, karena kerapihan, keindahan dan motifnya yang begitu memukau, harga-harga tersebut juga tergantung bentuk motifnya, motif yang paling disukai oleh pelanggan yaitu motif bernuansa alam dan kehidupan. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa kain tapis yaitu kain dari hasil tenun benang kapas, perak atau benang emas, motif yang biasanya digunakan yaitu flora, fauna dan motif alam dengan cara disulam. Kain tapis ini dijadikan pakaian khas Lampung, kain tapis ini biasanya digunakan pada bagian pinggang kebawah dan berbentuk sarung.

Berikut ini adalah berbagai macam motif kain tapis  
1.) Motif Gunung
      Motif ini berbentuk  seperti segitiga namun sedikit besar, motif terlihat seperti motif yang berbentuk gunung, maka tidak heran jika motif seperti ini dibilang begitu indah. Karna bentuknya yang seperti gunung maka masyarakat Lampung ini menyebutnya sebagai motif gunung.

Gambar terkait

2.) Motif Bukit
      Karena bentuknya yang begitu mirip dengan bukit maka motif ini disebut juga tapis motif bukit, akan tetapi motif ini juga dirubah menjadi bentuk yang menyerupai mahkota siger yang begitu cantik, selain itu motif ini juga begitu sering dibuat kreasi oleh masyarakat Lampung.

Hasil gambar untuk gambar tapis motif bukit

3.) Motif Lereng-lereng
      Motif lereng-lereng ini juga dijadikan oleh para pembuat kain tapis sebagai motif utamanya, karena motif ini adalah motif yang begitu populer dimasyarakat Lampung. Warna merah pada bagian belakang kain ini dan bentuk segitiga yang menyerupai lereng ini berwarna emas supaya lebih terlihat indah, serasi dan menarik. Kadang kala juga motif ini sering dijadikan tugas kepada murid sekolah di Lampung dengan pola jaitan yang bermotif lereng-lereng.

Hasil gambar untuk gambar tapis motif lereng-lereng

4.) Kain Tapis Motif Kapal Naga
      Motif kain tapis kapal naga ini menggambarkan bahwa masyarakat Lampung ini terbuka dalam menyambut kehadiran masyarakat lain yang mempunya kebudayaan berbeda. Mereka pun menerima keberagaman, tidak eksklusif dan mampu membaur dengan masyarakat lokal ataupun internasional.

Gambar terkait

5.) Kain Tapis Motif Asmaul Husna
      Motif ini dibuat dengan cara disulam menggunakan bahan dari benang emas, kain tapis ini juga bisa digunakan untuk hiasan masjid, ruang tamu dan kantor, kain tapis ini bisa untuk menambah suasana religius.

Gambar terkait

6.) Kain Tapis Motif Al-Fatihah

Hasil gambar untuk gambar tapis motif al-fatihah

7.) Kain Tapis Motif Ayat Kursi Sulam

Hasil gambar untuk gambar tapis motif ayat kursi sulam
      

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sumber Daya Alam Yang Ada di Provinsi Lampung

7 Makanan khas Lampung Utara