Tarian Tradisional Lampung

 Lampung merukan provinsi yang berada di selatan terdapat dalam Pulau Sumatera, Indonesia. Provinsi Lampung ini tidak hanya ditinggali oleh orang-orang suku Lampung saja, namun juga banyak suku bangsa lain yang tinggal di Provinsi ini antara lain yaitu: Suku Sunda, Jawa, Bali dan masih banyak lagi. Meskipun Lampung ini menjadi penduduk dari suku heterogen, namun masyarakat asli Lampung ini tetap melestarikan budaya-budaya yang sudah ada dari jaman dulu, salah satunya yaitu tarian tradisional Provinsi Lampung. Berikut adalah macam-macam tarian tradisional yang ada di Provinsi Lampung.

1.) Tari Melinting
       Konon sejarah munculnya tari Melinting dipercayai berasal dari kata "Meninting", yaitu memiliki arti "Membawa". Tari Melinting ini juga sering disebut sebagai tari klasik karena tarian ini sudah ada sejak dulu semenjak masuknya islam di Nusantara. Selain itu tari Melinting ini juga dipercayai dibuat oleh Ratu Melinting, sedangkan Ratu Melinting itu sendiri adalah seorang pemimpin disebuah daerah yang juga dinamai Melinting.

Hasil gambar untuk gambar tari melinting lampung


2.) Tari Bedana
       Sejarah Tari Bedana, tarian ini sudah hidup dan berkembang di daerah Provinsi Lampung dengan seiring masuknya ajaran agama islam, Awal mula tarian ini hanya di tarikan oleh seorang laki-laki dengan cara berpasangan atau kelompok, dan dulu tarian ini hanya boleh ditonton oleh keluarga saja. Tari Bedana ini dilakukan ketika salah satu dari keluarga itu ada yang hatam Al-Qur'an. Namun dengan seiring perkembangan zaman, saat ini tarian Bedana dapat disaksikan oleh masyarakat umum. Tari Bedana juga merupakan tarian tradisional yang bernafaskan tentang ajaran agama islam juga mencerminkan tata kehidupan masyarakat yang ada di Provinsi Lampung yang memiliki sifat ramah dan juga keterbukaan simbol persahabatan dengan komitmen yang beragam.

Hasil gambar untuk gambar tari bedana lampung


3.) Tari Sigeh Pengunten
       Tari Sembah, tarian ini sudah sangat umum ditampilkan dalam bagian dari acara ritual penyambutan para tamu dalam acara-acara resmi misalnya seperti acara prosesi pernikahan,undangan dan makna esensial dari tari iniadalah bentuk dari penghormatan pada para tamu undangan yang telah hadir. Tari Sigeh Pengunten ini adalah pengembangan dari tari Sembah  yang merupakan tarian asli tradisi masyarakat Provinsi Lampung.


Gambar terkait


4.) Tari Merak
       Provinsi Lampung memiliki tarian Merak yang berfungsi sebagai penyambutan gelar, tarian ini juga digunakan dalam susila dari masyarakat Provinsi Lampung dan melambangkan keluhuran budi. Tidak hanya Provinsi Lampung saja yang memiliki tari Merak, namun di Provinsi-provinsi lain juga memiliki tari Merak. Karena tari Merak ini tarian tradisional dan sudah begitu banyak ditampilkan diseluruh Indonesia.

Gambar terkait


5.) Tari Cangget
       Tari Cangget ini adalah tarian yang lakukan oleh muda-mudi di Provinsi Lampung. Pada saat tari Cangget ditampilkan maka orang-orang akan berkmpul untuk menyaksikan pertunjukan ini,baik muda, tua, perempuan, ataupun laki-laki, hal ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengikuti upacara, selain itu juga dipakai untuk berkenalan dengan sesama.

Gambar terkait

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Kain Tapis Dan Macam-macam Kain Tapis

Sumber Daya Alam Yang Ada di Provinsi Lampung

7 Makanan khas Lampung Utara